Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Judul : Pelatihan Belajar Menulis PGRI
Resume : 16
Gelombang : 23 & 24
Tanggal : 21 Februari 2022
Tema : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Narasumber : Yulius Roma Patandean, S.Pd.
Moderator : Muliadi
Bismillahirrahmaanirrahiim,
“Menulislah!! Hingga bukumu terbit”.
Narasumber malam ini bernama Yulius Roma Patandean, S.Pd. beliau adalah penulis dan editor profesional asal SMAN 5 Tator, lahir di Sulabarani, Tana Toraja, 6 Juli 1981. Menyelesaikan pendidikan S1 Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007). Pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja (2019-2021).
Materi malam ini adalah Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis, materi yang sangat penting diperhatikan, karena tentunya akan menambah wawasan mengenai menyusun buku secara mudan tersistematis. Baik kita simak paparan berikut ini.
Cara Menyusun Naskah Buku
Sapkan naskah dalam satu file Ms. Word
Beri JUDUL BUKU
Buatkan PRAKATA
Siapkan KATA PENGANTAR
Siapkan SINOPSIS
Foto terkeren bagian tentang penulis
Prinsip dalam Menulis:
Dalam menulis dan menyelesaikan tulisan, peganglah prinsip CLBK
MENCOBA Menulis, ala bisa karena mau mencoba
LAKUKAN dengan segera dan lanjutkan dengan PRAKTIKAN
BUDAYAKAN menulis dalam perjalanan hidup
KONSISTEN dan komitmen dalam menulis
Menyelesaikan tulisan
Langkah Menyusun Judul dan daftar isi secara Otomatis dan Kutipan
1. Pada halaman Judul cukup menuliskan judul dan nama penulis
2. Halaman Kata Pengantar, supaya halaman Kata Pengantar dibuat secara otomatis caranya adalah, blok pada tulisan Kata Pengantar, kemudian klik home lalu klik heading 1. Halaman prakata, lakukan hal yang sama, klik heading 1, Halaman
3. Daftar isi juga lakukan hal yang sama, klik heading 1
4. Untuk penulisan bab judul juga lakukan langkah yang sama klik heading 1. Untuk sub bab, blok kemudian klik heading 2. Untuk sub bab kecil, blok kemudian klik heading 3. Demikian seterusnya lakukan hal yang sama untuk Bab-bab selanjutnya.
Penulisan Daftar Isi secara otomatis Letakkan kursur dibawah tulisan daftar isi, kemudian klik references, kemudian buka table of contents, pilih table of contents kembali. Daftar pustaka selesai secara otomatis.
Penulisan kutipan secara otomatis, klik references pada toolbar, klik manage source, pilih new kemudian isikan nama buku, pengarang, penerbit dan lain sebagainya sesuai isian pada kolom tersebut. Untuk dijadikan kutipan caranya, taruh kursor disebelah tulisah kemudian klik toolbar citation.
Daftar pustaka otomatis, taruh kursor dibawah daftar pustaka, pilih menu references kemudian klik bibliography, tinggal dirapikan.
Memasukkan kutipan otomatis yang ada di internet website misalnya di blog, adalah klik references, kemudian klik manage sources, pilih new, pilih website, biasanya yang dicantumkan adalah nama pengarang, judul tulisan, nama website, tanggal penulisan, tanggal akses, alamat URL, kemudian klik ok.
Menjadikannya kutipan website/blog secara otomatis adalah taruh kursur disebelah tulisan yang ditentukan, pilih refences kemudian insert citation. Bagaimana untuk di daftar pustaka, tinggal diabdate, maka secara otomatis akan termuat pada daftar pustaka tersebut.
Demikian dilakukan langkah yang sama untuk pengambilan dari jurnal dan lain sebagainya.
Cara Membuat Indeks dalam Tulisan
Buka dokumen yang mau dibuat indeksnya
Blok istilah yang ingin dijadikan indeks, klik mark entry kemudian klik mark all. Demikian seterusnya dengan istilah atau kata lainnya yang mau dimasukkan dalam indeks.
Cara memasukkan pada halaman indeknya adalah, tempatkan kursur dibawah halaman indeks, kembali klik menu references klik insert indeks, maka indeks akan tersusun secara otomatis.
Demikian hal yang dilakukan dalam menyusun buku secara otomatis, agar dalam sebuat tulisan dapat tersusun secara rapi dan sistematis. Selamat mencoba..!!!
Komentar
Posting Komentar